Rabu, 21 April 2010

Cara Menampilkan kembali Folder/File yang disembunyikan oleh Virus

Kebanyakan virus windows akhir-akhir ini selain menjengkelkan juga menyembunyikan folder atau file kita. Jadi misalkan Flashdisk kita sudah terserang virus, maka seluruh foldernya menjadi hilang dari pandangan mata. Sehingga terkadang kita bingung, pas ci cek di propertisnya, flashdisk ntuh isinya banyak, tapi begitu dilihat di Windows Explorer kok kosong melompong..?

Ini disebabkan, ternyata virus ntuh telah merubah status folder atau file di Flashdisk ntuh menjadi HIDDEN atawa SUPER HIDDEN (menjadi file system). Sehingga jika di buka di Komputer standar otomatis seluruh folder-folder tadi menjadi kasat mata.

Nah, kali ini wongsinting akan memberikan script batch sederhana buat bisa menampilkan kembali seluruh folder dan file yang telah disembunyikan oleh virus tadi. Karena script ini sederhana, maka bagi para expert dan master, silahkan lewat saja, dari pada cuman cekikikan kagak ada juntrungan.. hihihi..

Tahapan
Pertama buka notepad di windows (start – all program, accessories, notepad). Selanjutnya isi atau copy script berikut ke notepad tadi:

echo OFF
echo.
echo.
echo.
echo PROSES PENGEMBALIAN FILE DAN FOLDER
echo ———————————–
echo by: karimunjawa-dita.blogspot.com
echo.
echo (tergantung banyaknya file..)
echo untuk itu…
echo please wait alias tunggu…
attrib -r -s -h *.* /S /D


Selanjutnya Save file ntuh menjadi .BAT misalnya fileku.bat atau munculkan.bat dll. Caranya yakni dengan SAVE AS terus pilih “Save as Type” nya dengan “All Files“, baru namain dech filenya sesuka kita, misalnya ya ntuh tadi.. fileku.bat atau munculkan.bat dll.




Selanjutnya taruh file .BAT ntuh yang barusan dibikin ke Flashdisk. Trus langsung eksekusi dech.. dan.. Jreengg.. semua folder atawa file yang sebelumnya disembunyikan sama virus, sekonyong konyong bermunculan kembali.

Tidak ada komentar: